KID Events

No events

KID on Map

Testimonial

KKDP Diharap Tumbuhkan Nilai Demokrasi

Print PDF

KKDP Diharap Tumbuhkan Nilai DemokrasiBupati Jayapura Mathius Awoitauw,SE,M.Si mengharapkan agar Komite Komunitas Demokrasi Papua(KKDP) yang saat ini dibentuk di Kabupaten Jayapura, supaya dapat memberikan andil demi tumbuhnya nilai-nilai demokrasi di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Selaku Kepala Pemerintahan, saya berharap Komite Komunitas Demokrasi Papua harus bisa memberikan suatu pandangan demokrasi dengan semangat yang baru di wilayah Kabupaten Jayapura ini," ungkapnya saat ditemui usai Launching Komite Komunitas Demokrasi Papua(KKDP) di Aula SKB Sentani, Jumat(15/11).

 

Menurut Bupati, KKDP ini dibentuk sebagai wadah atau kumpulan para alumni dari Sekolah Demokrasi Papua(SDP). Mereka yang telah menyelesaikan studi di SDP, didorong untuk terus aktif menumbuhkan nilai-nilai demokrasi dengan bergabung dalam suatu KKDP tersebut.

 

Pihaknya, berharap supaya komunitas ini bisa memberikan pandangan atau pendidikan tentang demokrasi yang baru kepada masyarakat. Pemerintah akan terus memberikan dukungan terhadap komunitas ini untuk terus berkembang dan meningkatkan perannya di masyarakat.

"Komunitas ini tentu mempunyai kebutuhan yang banyak, dan kita sementara ini sedang menghadapi kesenjangan karena komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat dan dunia usaha serta kelompok-kelompok yang lainnya. Untuk itu komunitas ini perlu difasilitasi untuk memberikan semangat nilai-nilai universal dari demokrasi ini agar bisa dimengerti baik oleh dunia usaha, Pemerintah maupun masyarakat," terangnya.

Bupati menambahkan, semangat dan nilai-nilai demokrasi ini harus dikembangkan dalam hal komunikasi pembangunan supaya bisa dibicarakan dengan cara yang terbaik. Apabila komunikasi ini bisa berjalan bagus, maka akan dapat mengurangi budaya palang memalang yang sering kali dilakukan masyarakat.

Kehadiran KKDP ini diharapkan juga bisa membantu kebijakan-kebijakan yang diambil Pemerintah. Komunitas ini juga bisa mendorong supaya dalam kebijakankebijakan publik itu harus dilakukan secara transparan, demokratis serta tidak merugikan kelompok lain.

Oleh karena yaitu kita berharap supaya komunitas ini bisa menyuarakan untuk kepentingan demokrasi yang baik kepada masyarakat, sehingga diharapkan komunitas ini bisa memberikan pemahaman demokrasi kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan aturan hukum yang ada," pungkasnya.


Sumber : Harian "Cenderawasih Post" (16 November 2013) pada Rubrik "Metro Sentani"

 

Related Links

Contact us

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi
Jl. Tebet Barat Dalam X No. 23
Tebet, Jakarta Selatan
Tlp. 021 8314468 / 021 837 89 381

Email info@komunitasdemokrasi.or.id