Komunitas Demokrasi Aceh Utara bentuk PAKAR

Print PDF

Koodinator PAKARKOMUNITAS Demokrasi Aceh Utara (KDAU) bekerjasama dengan Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID) Jakarta, membentuk program Pusat Kegiatan Anak dan Remaja atau PAKAR. Program tersebut merupakan program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pelajar dan siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan atas (SMA) di wilayah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara.

“PAKAR adalah program pendidikan demokrasi dan belajar politik untuk para siswa. Program tersebut kita rencanakan dijalankan mulai akhir Juli sampai Desember 2013. Dengan jadwal belajar setiap Sabtu dan Minggu,” ujar Muhammad Adam, Koordinator PAKAR dan juga Sekretaris KDAU, dalam rilis yang diterima ATJEHPOSTcom, Rabu malam, 24 Juli 2013.

Dia menambahkan, rencananya program PAKAR tersebut akan diikuti oleh sekitar 50 orang siswa dari sejumlah sekolah yang dipilih. Selain itu, PAKAR juga akan melatih 16 orang guru pendamping para siswa tersebut. Kata dia, tujuannya agar para guru tersebut dapat membimbing siswanya saat kembali ke sekolah.

Metode pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan cara mengembangkan sistem pembelajaran santai, menyenangkan, kreatif, berdiskusi, dan tanpa tekanan. Kata dia, metode tersebut merupakan medium pendidikan kesadaran kritis, berlatih berbicara didepan umum, mengasah kemampuan, dan mampu menuangkan daya pikirnya dalam karya-karya kreatif, cerdas dan berkontruksi damai.

Saat ini, KDAU sedang melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Agar siswa yang ikut nantinya adalah siswa yang berpengaruh dan aktif disekolah tersebut, seperti ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR) dan juga organisasi lainnya yang ada disekolah tersebut.

“Kita mengharapkan, PAKAR dapat menjadi media bagi pelajar dan siswa untuk belajar bagaimana mengkampanyekan perdamain, belajar berpolitik dan berdemokrasi ala siswa. Belajar tentang hak-hak anak, cinta damai, anti kekerasan, dan juga belajar menjadi jurnalisme siswa,” kata Adam.

Sumber : Atjeh Post

Related Links

Contact us

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi
Jl. Tebet Barat Dalam X No. 23
Tebet, Jakarta Selatan
Tlp. 021 8314468 / 021 837 89 381

Email info@komunitasdemokrasi.or.id