Talk Show KDPP - KID di TVRI

Category : Video
Views : 3171

 

Komunitas Dialog Partai Politik (KDPP) pada hari Kamis taggal 24 Januari 2013 pukul 07:00 – 08:00 WIB, mengadakan Dialog Aktual di stasiun televisi nasional, TVRI. Tema yang diangkat yakni ‘Keterbukaan Partai Politik Dalam Rekrutmen Calon Legislatif Jelang Pemilu 2014’. Dialog ini menghadirkan narasumber Hasto Kristiyanto (Wakil Sekjen DPP PDIP), Saan Mustopa (Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ), dan Ignas Kleden (Ketua Badan Pengurus KID).

 

Dialog berlangsung efektif dan interaktif. Ignas Kleden menilai bahwa ketika seorang calon legislative menjadi anggota dewan, maka dia perlu melepaskan atribut kepartaiannya dan benar-benar berfungsi sebagai wakil rakyat. Namun Hasto Kristiyanto menekankan bahwa justru kader partai masih harus tetap dikontrol oleh partai untuk memastikan ideologi dan garis kebijakan partai dilaksanakan. Saan Mustopa tidak membantah bahwa beberapa kader partainya mengalami masalah, namun upaya memperbaiki perekrutan caleg terus dilakukan.

 

Beberapa pemirsa yang menelpon interaktif secara umum menilai bahwa perekrutan caleg oleh partai masih bermasalah karena menggunakan uang dan cenderung tidak transparan. Kondisi tersebut diakui oleh Hasto, namun demikian dia menekankan upaya perbaikan internal partai sudah dilakukan jelang Pemilu 2014, salah satunya dengan selektif menjaring calon-calon anggota legislative lewat PDIP. Ignas Kleden menyampaikan bahwa beberapa alumni Sekolah Demokrasi (SD) berhasil menjadi anggota dewan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak. Kalah sejak dalam pikiran adalah kekalahan yang final. Ketiadaan pendidikan (sosialisasi) politik seperti program partai, rekrutmen, kaderisasi, maupun sosialisasi, mengakibatkan kader menjadikan partai sebagai institusi untuk mencari uang. Partai harus menjalankan pendidikan politik tersebut.  Menutup dialog, Ignas Kleden mengingatkan bahwa sistem demokrasi di Indonesia menganut sistem parlementer, sehingga partai harus bertanggung jawab dalam proses kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

Related Links

Contact us

Komunitas Indonesia untuk Demokrasi
Jl. Tebet Barat Dalam X No. 23
Tebet, Jakarta Selatan
Tlp. 021 8314468 / 021 837 89 381

Email info@komunitasdemokrasi.or.id